KOP SEKOLAH
---
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Durasi (Waktu) : 6 JP
Kompetensi Dasar : 3.3 Menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA,
kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup.
4.3 Merumuskan urutan proses sintesis protein 5dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik (DNA-RNA-Protein)
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan menggunakan model Discovery Learning, peserta didik dapat menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup dan merumuskan urutan proses sintesis protein 5dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik (DNA-RNA-Protein) sesuai dengan SOP yang diberikan teliti, tanggung jawab, kerjasama, dan disiplin.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke – 1
1. Guru menayangkan gambar tentang kromosom, gen dan DNA
2. Peserta didik memperhatikan gambar tersebut (rasa ingin tahu)
3. Guru memberi pertanyaan mengenai gambar yang ditampilkan dan meminta peseta didik untuk berpikir kritis
4. Guru membentuk kelompok sesuai dengan kebutuhan dan memberan lkpd kepada kelompok
5. Peserta didik berdiskusi di kelompoknya masing masing (kerjasama dan teliti)
6. Peserta didik menyusun dan menyesuaikan data data untuk mengisi LKPD 1
7. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompokya ke depan kelas (kerjasama dan jujur)
8. Guru memberikan penguatan tehadap mteri
9. Peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dengan bimbingan guru
Pertemuan ke – 2
1. Guru memberikan ilustrasi mengenai replikasi DNA untuk mengarahkan peserta didik memahami konsep replikasi
2. Guru membentuk kelompok sesuai dengan kebutuhan dan memberan lkpd kepada kelompok
3. Peserta didik berdiskusi di kelompoknya masing masing (kerjasama dan teliti)
4. Peserta didik menyusun dan menyesuaikan data data untuk mengisi LKPD 2
5. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompokya ke depan kelas (kerjasama dan jujur)
6. Guru memberikan penguatan tehadap materi
7. Peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dengan bimbingan guru
Pertemuan ke – 3
1. Guru menayangkan video tentang proses sintesis protein
2. Peserta didik menyimak video tersebut (rasa ingin tahu)
3. Guru memberi pertanyaan mengenai video yang ditayangkan terkait bentuk tahapan proses sintesi protein
4. Guru membentuk kelompok sesuai dengan kebutuhan dan memberan lkpd kepada kelompok
5. Peserta didik berdiskusi di kelompoknya masing masing (kerjasama dan teliti)
6. Peserta didik menyusun dan menyesuaikan data data untuk mengisi LKPD 3
7. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompokya ke depan kelas (kerjasama dan jujur)
8. Guru memberikan penguatan tehadap materi
9. Peserta didik menyimpulkan materi pelajaran dengan bimbingan guru
C. Asesmen
1. Sikap:
Lembar pengamatan sikap (jurnal harian, lembar observasi, penilaian diri dan antar teman)
2. Pengetahuan:
Tes tertulis: (Dalam bentuk pilihan ganda dan essai) dan tugas LKPD
3. Keterampilan: (Penilaian Produk dan Portofolio)
D. Program Tindak Lanjut:
1. Remedial
2. Pengayaan
Nan Sabaris, Juli 2021
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
( ) ( )
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar