Breaking

Senin, 07 September 2020

OBJEK BIOLOGI

Objek Biologi Tingkat Molekul

Struktur di dalam sel dapat dipisahkan menjadi makromolekul-makromolekul  bahkan hingga menjadi atom. Pada umumnya tubuh organisma mengandung molekul yang tersusun dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan Nitrogen (N). Jenis molekul yang terkandung di dalam tubuh organisme antara lain karbohidrat, lipid, protein dan asam nukleat.

2.    Objek Biologi Tingkat Sel

Sel merupakan unit struktural, fungsional, dan hereditas penyusun tubuh makhluk hidup. Sel memiliki organel dengan fungsi tertentu. Suatu sel tunggal memiliki karakteristik makhluk hidup. Setiap sel memiliki materi hereditas, melakukan aktivitas metabolisme, mampu tumbuh serta berkembang. Karena memiliki karakteristik yang dibutuhkan sebagai makhluk hidup, sel disebut sebagai satuan unit terkecil kehidupan. Ukuran sel sangat kecil sehingga untuk melihatnya dibutuhkan mikroskop.

3.   Objek Biologi Tingkat Jaringan

Jaringan adalah kumpulan sel-sel yang bentuknya sama untuk melaksanakan suatu fungsi tertentu.Pada dunia hewan tingkat tinggi dan manusia terdapat 5 macam jaringan dasar penyusun tubuhnya. Kelima jaringan tersebut adalah jaringan: epitelium, otot, ikat/penghubung, tulang dan saraf. Sedangkan pada dunia tumbuhan terdapat 7 macam jaringan dasar penyusun tubuh. Ketujuh jaringan dasar tersebut adalah jaringan: epidermis, parenkima, kolenkima, sklerenkima, endodermis, xilem dan floem.

4.   Organisasi Kehidupan Tingkat Organ

Organ merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jenis jaringan yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ pada hewan dan manusia adalah usus, jantung, paru-paru, hati, lambung, mata, usus halus dan sebagainya. Pada tumbuhan contoh organ adalah akar, batang, daun, dan bunga.

5.   Organisasi Kehidupan Tingkat Sistem Organ

Sistem organ adalah kumpulan beberapa organ dengan sistem tertentu untuk melaksanakan fungsi hidup tertentu. Adapun posisi berbagai organ di dalam tubuh hewan dan manusia disesuaikan dengan fungsinya sebagai pembentuk sistem organ tertentu. Misalnya paru-paru; organ ini terletak di rongga dada berhubungan dengan trakea dan berfungsi dalam sistem respirasi; hati terletak di rongga perut dekat dengan lambung, pankreas, dan usus, dan berfungsi dalam sistem pencernaan.

6.   Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Seluruh sistem organ tersebut saling berinteraksi, saling menunjang atau saling  berpengaruh dan membentuk satu tubuh yang dikenal dengan istilah  individu. Individu dapat berupa organisme bersel tunggal (uniseluler)atau bersel banyak (multiseluler). Bakteri dan protozoa adalah contoh organisme bersel tunggal. Jadi  individu merupakan satu organisme yang tubuhnya tersusun oleh berbagai sistem organ yang saling berhubungan. Pada  lingkungan yang lebih luas, individu diartikan sebagai satuan makhluk hidup tunggal, misalnya seekor ikan, seekor ayam, sebatang pohon beringin, dan sebagainya. Kata individu berasal dari bahasa Latin yakni  Individum yang artinya ‘tidak dapat dibagi’.

7.   Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi

Populasi artinya kumpulan dari individu sejenis yang secara bersama menempati suatu habitat. Jadi, seluruh tanaman padi pada sepetak sawah tersebut merupakan populasi padi, seluruh cacing tanah merupakan populasi cacing tanah.

8.   Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

Komunitas adalah kumpulan populasi yang tinggal bersama pada suatu areal tertentu, dimana terjadi suatu bentuk hubungan atau interaksi, baik antara individu sejenis (intraspecies) maupun antara jenis yang berbeda (antarspecies). Sepetak sawah, sebuah kolam ikan, sebidang kebun, bahkan halaman rumah AnAnanda tadi dapat merupakan suatu contoh komunitas.

9.   Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem

Ekosistem adalah tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup organisme dan lingkungan tak hidup, dimana kedua komponen tersebut saling mempengaruhi dan berinteraksi. Pada ekosistem, setiap organisme mempunyai suatu peranan, ada yang berperan sebagai produsen, konsumen  ataupun dekomposer.Lingkungan biotik adalah bagian lingkungan yang berupa makhluk-makhluk hidup (fungi, tumbuhan, hewan, dan monera). Dan  lingkungan abiotik adalah bagian lingkungan yang berupa benda tak hidup (contohnya air, tanah, udara, cahaya, pH, suhu dan iklim).

10.   Organisasi Kehidupan Tingkat Bioma

Istilah Bioma berhubungan dengan kumpulan species (terutama tumbuhan) yang dapat hidup di tempat tertentu di muka bumi, tergantung pada iklim regionalnya. Jadi Bioma adalah kumpulan species (terutama tumbuhan) yang mendiami tempat tertentu di bumi yang dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan dan langsung terlihat jelas di tempat tersebut. Oleh karena itu biasanya Bioma diberi nama berdasarkan tumbuhan yang dominan di daerah tersebut. Di permukaan bumi ini terdapat 7 macam bioma, yaitu: tundra, taiga, gurun (padang pasir), padang rumput, savana, hutan hujan tropis, dan hutan decidous.

11.   Organisasi Kehidupan tingkat biosfer

Biosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan. Biosfer mencakup wilayah daratan, perairan dan ciri utama, yaitu mengandung oksigen yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan organisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar